Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. E-commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada trans
aksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business toconsumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini, maka persaingan yang sebenarnya adalah terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan kinerja dan eksistensi dalam bisnis inti. Dengan aplikasi e-commerce, seyogyanya hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional (door to door, one-to-one relationship). Maka e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya. Membangun dan mengimplementasikan sebuah system e-commerce bukanlah merupakan proses instant, namun merupakan transformasi strategi dan system bisnis yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan dan teknologi.
aksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business toconsumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini, maka persaingan yang sebenarnya adalah terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan kinerja dan eksistensi dalam bisnis inti. Dengan aplikasi e-commerce, seyogyanya hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional (door to door, one-to-one relationship). Maka e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya. Membangun dan mengimplementasikan sebuah system e-commerce bukanlah merupakan proses instant, namun merupakan transformasi strategi dan system bisnis yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan dan teknologi.
Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan,Konsumen, dan Masyarakat
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan,Konsumen, dan Masyarakat. Electronic Commerce (e-commerce) sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Perusahaan, konsumen, atau pun masyrakat akan selalu menggunakan e-commerce dalam menjalani aktivitas bisnisnya. Berikut ini adalah manfaat e-commerce bagi perusahaan, konsumen dan masyarakat :
Manfaat bagi Perusahaan :
Ÿ Jangkauan global
Ÿ Pengurangan biaya operasi
Ÿ Perbaikan rantai pasokan
Ÿ Penambahan jam buka: 24/7/365
Ÿ Kustomisasi
Ÿ Model bisnis baru
Ÿ Spesialisasi vendor
Ÿ Kecepatan time-to-market
Ÿ Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
Ÿ Efisiensi pengadaan
Ÿ Meningkatkan hubungan dengan konsumen
Ÿ Informasi yang up-to-date
Ÿ Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik
Manfaat bagi Konsumen :
Ÿ “Dimana saja – kapan saja”
Ÿ Lebih banyak pilihan produk dan jasa
Ÿ Harga lebih murah
Ÿ Pengiriman/penyampaian segera
Ÿ Ketersediaan informasi
Ÿ Kesempatan berpartisipasi
Ÿ Wahana komunitas elektronik
Ÿ Personalisasi, sesuai selera
Ÿ Tidak dikenai pajak penjualan
Manfaat bagi Masyarakat :
Ÿ Memungkinkan telecommuting
Ÿ Peningkatan kualitas hidup
Ÿ Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
Kemudahan mendapatkan layanan umum
Demikian pembahasan tentang Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan,Konsumen, dan Masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar