Pages

Subscribe:

Sabtu, 05 November 2011

E-Commerce

Perkembangan  internet  menyebabkan  terbentuknya  sebuah  dunia  baru  yan lazim disebu dunia maya.  Di  dunia maya ini setia individu memilik hak dan kemampuan untuk   berinteraksi   dengan    individu   lain   tanpa   batasan   apapun   yang   dapat menghalanginya.  Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan  di dunia  may yang  menghubungkan  seluruh  komunitas  digital.    Dari  seluruh  aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor  yang  paling  terkena  dampak  dari  perkembangan  teknologi  informasi  dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.  Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. E-commerce   adalah   suatu  jenis  dari  mekanisme  bisnis  secara   elektronik  yang memfokuskan diri pada trans
aksbisniberbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business toconsumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan.  Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini, maka persaingan yang sebenarnya adalah terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce  untuk  meningkatkan  kinerja  dan  eksistensi  dalam  bisnis  inti.    Dengan aplikasi e-commerce, seyogyanya hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional (door t door, one-to-one relationship).  Maka  e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalu medium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya.  Membangun dan mengimplementasikan sebuah system e-commerce  bukanlah  merupaka proses   instant,  namun  merupakan  transformasi strategi  dan  system  bisni yang  terus  berkembang  sejala dengan  perkembangan perusahaan dan teknologi.

Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan,Konsumen, dan Masyarakat

           Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan,Konsumen, dan Masyarakat. Electronic Commerce (e-commerce) sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Perusahaan, konsumen, atau pun masyrakat akan selalu menggunakan e-commerce dalam menjalani aktivitas bisnisnya. Berikut ini adalah manfaat e-commerce bagi perusahaan, konsumen dan masyarakat :
Manfaat bagi Perusahaan :
Ÿ         Jangkauan global
Ÿ         Pengurangan biaya operasi
Ÿ         Perbaikan rantai pasokan
Ÿ         Penambahan jam buka: 24/7/365
Ÿ         Kustomisasi
Ÿ         Model bisnis baru
Ÿ         Spesialisasi vendor
Ÿ         Kecepatan time-to-market
Ÿ         Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
Ÿ         Efisiensi pengadaan
Ÿ         Meningkatkan hubungan dengan konsumen
Ÿ         Informasi yang up-to-date
Ÿ         Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik
Manfaat bagi Konsumen :
Ÿ         “Dimana saja – kapan saja”
Ÿ         Lebih banyak pilihan produk dan jasa
Ÿ         Harga lebih murah
Ÿ         Pengiriman/penyampaian segera
Ÿ         Ketersediaan informasi
Ÿ         Kesempatan berpartisipasi
Ÿ         Wahana komunitas elektronik
Ÿ         Personalisasi, sesuai selera
Ÿ         Tidak dikenai pajak penjualan
Manfaat bagi Masyarakat :
Ÿ         Memungkinkan telecommuting
Ÿ         Peningkatan kualitas hidup
Ÿ         Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
             Kemudahan mendapatkan layanan umum
Demikian pembahasan tentang Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan,Konsumen, dan Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar